CARA MERAWAT BATERAI SMARTPHONE


Pada umumnya kendala yang dihadapi oleh pengguna smartphone didunia khususnya di Indonesia adalah Baterai. Penggunaan baterai smartphone berbeda dengan baterai HP biasa. Penggunaan Baterai smartphone lebih boros dikarenakan konsumsi baterai yang besar. Dan konsumsi baterai tersebut terfokus pada aplikasi yang terdapat pada smrtphone, entah itu aplikasi bawaan atau aplikasi yang di instal sendiri. Smartphone mengonsumsi kapasitas baterai dengan sangat berlebihan sehingga pemakaian smartphone terkadang tidak dapat bertahan lama. Baiklah tidak usah berpanjang lebar, silahkan simak beberapa tips dan trik untuk tetap menjaga kapasitas baterai smartphone anda tidak cepat habis:


Jagalah Brightness Agar Tetap Rendah
Dengan mengurangi intensitas cahaya atau Brightness yang dihasilkan oleh smartphone, maka dapat mengurangi pemakaian baterai secara berlebihan. Karena semakin terang layar smartphone anda, maka semakin banyak pula konsumsi baterai yang terkuras. Layar smartphone merupakan salah satu komponen utama smartphone yang mengonsumsi baterai terbesar.

Matikan Koneksi GPS, Bluetooth, WiFi Jika Tidak Digunakan 

Apabila anda tidak sedang menggunakan fitur GPS lebih baik matikan. Dikarenakan fitur GPS lebih banyak berinteraksi dengan satelit oleh karena itu konsumsi baterai akan lebih cepat habis. Maka mematikan fitur GPS merupakan pilihan yang sangat tepat., Apabila anda juga tidak menggunakan Bluetooth, maka mematikan fitur tersebut dapat menambah usia baterai. Begitu juga dengan Wifi penggunaannya sama dengan GPS. Fitur-fitur GPS, Bluetooth, dan WiFi merupakan fitur yang akan selalu mencari sinyal sehingga akan menguras baterai anda.

Penggunaan Fitur Sync dengan Tepat
Fitur Sync di Android tidak harus dinyalakan terus menerus, karena itu merupakan fitur yang tidak membutuhkan aktivitas yang rutin. Bagi saya fitur tersebut lebih baik tidak usah dinyalakan. Apabila anda ingin meng-Sync-kan smartphone lebih baik anda lakukan dengan manual saja. Karena bagi saya fitur tersebut lebih banyak tidak diperlukan.

Gunakanlah WiFi Daripada Paket Data
Penggunaan Wifi memang dapat menyedot baterai smartphone anda. Tetapi penggunaan Wifi lebih baik daripada penggunaan internet dengan Paket Data. Penggunaan Paket Data lebih banyak memakan kuota internet anda dan juga lebih banyak menghabiskan baterai smrtphone anda. Jadi apabila anda berada dalam Hotspot Wifi lebih baik anda menyalakan Fitur Wifi smartphone anda. Sehingga kuota internet dan baterai anda akan lebih awet.

Kunci Smartphone Saat Tidak Digunakan
Selain mengurangi brightness pada layar smartphone anda seperti dijelaskan diatas tadi. Mematikan layar dan mengunci smartphone juga dapat membuat sistem dari smartphone berada dalam kondisi Sleep sehingga konsumsi baterai yang digunakan lebih sedikit.

Matikan Aplikasi Saat Tidak Digunakan
Penggunaaan aplikasi-aplikasi smartphone selalu berjalan sendiri meskipun tidak digunakan. Maka dari itu gunakanlah aplikasi yang dapat mematikan aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Bagi saya penggunaan aplikasi Clean Master dapat mematikan beberapa aplikasi yang ketika tidak digunakan masih tetap berjalan. Hal ini dapat menghabiskan konsumsi Baterai anda.

Jaga Smartphone Dari Suhu yang Panas atau Dingin
Baterai smartphone tidak akan bertahan lama apabila berada di suhu yang terlalu panas maupun yang terlalu dingin. Maka dari itu usahakan smartphone berada di lingkungan dengan suhu ruangan. Untuk saya sekali lagi penggunaan Clean Master juga dapat mendeteksi apabila Baterai dalam kondisi yang ekstrim dan dapat menurunkan suhu baterai itu sendiri.

Pengisian Baterai
Tips yang terakhir adalah tentang pengisian baterai smartphone. Usahakan pada waktu baterai akan habis lebih baik jangan menunggu baterai habis lalu smartphone mati. Hal ini dapat mengakibatkan Baterai anda akan cepat rusak karena akan memaksa baterai untuk mereload ulang. Dan usahakan pada saat pengisian baterai lebih baik jangan sampai menunggu baterai penuh. Ketika pengisian sudah mencapai 90% - 99% pengisian baterai harus sudah dicabut. Hal ini dikarenakan apabila baterai sudah penuh, maka pengisian baterai akan tetap berjalan dan kapasitas baterai akan overload dan menyebabkan baterai akan cepat habis dan rusak. Apabila anda sedang bepergian jauh lebih baik bawalah PowerBank, karena akan dapat menyelamatkan konsumsi baterai anda.

Demikianlah penjelasan singkat tentang CARA MERAWAT BATERAI SMARTPHONE. Terima kasih sudah menyimak, semoga penjelasan saya diatas dapat membuat Baterai anda lebih awet.

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan mengunjungi artikel saya yang lain.
Semoga artikel saya ini bermanfaat bagi anda dan saya sendiri pada khususnya.

6 komentar

Keren gan tips nya :) nitip gan :3 http://ahmadauliafahmi.blogspot.in/

thanks comment-nya agan Ahmad Aulia Fahmi..

nice, hp jaman skrang mah boros batre dan pula cepet rusak yak

wah kalau begitu perlu di rawat juga ya batray nya nih ngak tahu kenapa android saya batray nya mudah ngedrop

iya gan... baterai smartphone harus dirawat gan...


EmoticonEmoticon

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!